Sumber : Tri Santi Mariyam
Seorang alumnus (jamak:
alumni) adalah lulusan sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau universitas.Seorang
alumnus bisa pula merupakan mantan anggota, karyawan, kontributor, atau
tahanan, selain mantan siswa. Selain itu, seorang alumna adalah "lulusan
wanita atau mantan siswi sebuah sekolah, perguruan tinggi, atau
universitas". Jika dalam kelompok terdiri dari pria dan wanita, walaupun
hanya ada satu pria, kata jamak yang digunakan adalah alumni.Seorang alumnus
atau alumna adalah mantan siswa dan biasanya lulusan dari suatu institusi
pendidikan (sekolah, perguruan tinggi, universitas). Menurut Departemen
Pendidikan Amerika Serikat, kata alumnae dipakai untuk perguruan tinggi wanita atau
sekelompok siswi. Kata alumni dipakai untuk perguruan tinggi pria, sekelompok
siswa, atau campuran siswa-siswi:
Sesuai dengan aturan
tata bahasa yang mengatur infleksi kata benda dalam rumpun bahasa Roman, kata
jamak maskulin alumni bisa digunakan untuk kelompok yang terdiri dari kedua
jenis kelamin: alumni Universitas Princeton.
Istilah ini kadang
dipendekkan menjadi "alum", yang berarti "seorang alumna atau
alumnus".
"Alumni"
(bentuk jamak) sering salah digunakan sebagai bentuk tunggal untuk kedua jenis
kelamin; misalnya, "Saya alumni universitas ini," bukannya "Saya
alumnus/alumna universitas ini". Pemakaian ini salah baik dalam konteks
formal atau historis. Kemungkinan terjadinya salah pemakaian ini adalah karena
ketidaktahuan tentang tata bahasa Latin dan kenyataan bahwa banyak dokumen
cetak dan barang universitas yang menggunakan bentuk jamak dari kata ini.
Reuni alumni adalah
acara yang terkenal di berbagai institusi. Acara ini biasanya diselenggarakan
oleh asosiasi alumni dan biasanya sekaligus acara penggalangan dana sosial.
Politeknik LP3I Bandung
adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.
Politeknik LP3I Bandung menyelenggarakan program pendidikan Diploma Tiga (D3)
bergelar Ahli Madya. Sebagai perguruan tinggi swasta, Setingkat politeknik
memiliki prestasi cukup gemilang. Berdasarkan data dari Dikti, Politeknik LP3I
Bandung memiliki peringkat 320 dari 3240 Perguruan tinggi di Indonesia. Dan
merupakan politeknik terbaik se-jawa Barat untuk perguruan Tinggi Swasta.
Prestasi lain yang pernah diraih oleh kampus yang berada di Jalan pahlawan
nomor 59 ini adalah pernah mendapatkan penghargaan sebagai kampus yang
menggunakan sistem teknologi informasi dari Telkom (Tesca) pada tahun 2014.
Artinya kampus ini setara dengan kampus-kampus besar yang sudah sangat mapan
dalam penggunaan sisten Teknologi Informasinya. Hal ini karena Politeknik LP3I
Bandung sudah menerapkan sistem IT dalam semua proses pengelolaannya.
Politeknik LP3I Bandung
mempunyai empat program studi dari jenjang D3, yaitu:
1.
Komunikasi (Hubungan masyarakat / PR),
dengan Akreditasi B dari BAN-PT
2.
Akuntansi, dengan Akreditasi A dari
BAN-PT
3.
Administrasi Bisnis, dengan Akreditasi B
dari BAN-PT
4.
Manajemen Informatika dengan Akreditasi
C dari BAN-PT
Program Studi Publick
Relation (Humas) merupakan salah satu program yang berperan sebagai
pengembangan ilmu dan profesi untuk menghasilkan lulusan yang profesional,
beriman dan bertaqwa, berjiwa mandiri serta berbudi luhur dalam bidang
kehumasan. Melalui kurikulum berbasis Link & match, program ini
menghasilkan lulusan yang kompeten dibidangnya, lulusan memiliki keterampilan
praktis, hardskill dan softskill sekaligus.
Standar Pendidikan
·
Memahami konsep public relations dalam
upaya membangun citra perusahaan.
·
Melaksanakan serta mengembangkan
pemakaian public relations tools terhadap setiap media komunikasi dalam rangka
pencitraan serta penanganan manajemen krisis/ konflik organisasi perusahaan.
·
Menguasai public speaking, dan mampu
berbicara secara efektif di depan khalayak dengan menggunakan berbagai metode
dan saluran komunikasi.
·
Mampu mengadakan event dan mampu menjadi
seorang event organizer.
·
Lulusan memahami dan mampu menggunakan
internet sebagai upaya pengembangan citra melalui sosial media yang saat ini
sedang digeluti oleh khalayak banyak.
·
Penguasaan bidang teknologi komunikasi
di antaranya Microsoft Office, Design Graphics, Multimedia, serta Broadcasting.
·
Memahami konsep MPR (Marketing Public
Relations). - Mampu menjadi seorang Public Relations Officer yang profesional.
·
Menguasai teknik penulisan public
relations.
·
Mampu melakukan perencanaan, analisis,
serta eksekusi komunikasi sesuai dengan tujuan organisasi dalam rangka
pengembangan citra dari sebuah organisasi perusahaan.
·
Penguasaan bahasa Inggris yang terampil
baik lisan maupun tulisan.
·
Mampu menguasai bahasa Jepang
sehari-hari.
·
Mampu menjadi seorang entrepreneur yang
handal dalam bidang komunikasi.
·
Mampu membuat animasi multimedia
terutama untuk pengembangan media Public Relations / PR online.
Prodi Public Relations
Politeknik LP3I Bandung selain mengembangkan kompetensi akademik juga
memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan
bakatnya. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Prodi Public Relations
Politeknik LP3I Bandung adalah sebagai berikut:
No.
|
Nama
Prestasi
|
Penghargaan
|
Kegiatan
dan Waktu Penyelenggaraan
|
Penyelenggaraan Tingkat (Lokal, Wilayah, Nasional, atau
Internasional)
|
1
|
Kejurda
Judo
|
Juara
II (Kelas 45-48 Kg)
|
Jawa
Barat (7-8 Januari 2009)
|
Wilayah
Regional
|
2
|
Pekan
Kejuaraan Judo Simulasi PORDA
|
Juara
II (Kelas 45 Kg Putri)
|
Jawa
Barat XI-2010 (22-24 Mei 2009)
|
Wilayah
Regional
|
3
|
English
Debate Politeknik LP3I Bandung
|
Juara
I
|
2009
|
Lokal
|
4
|
Lomba
Jingle Iklan Bandung TV
|
Juara
Favorit
|
2009
|
Wilayah
Bandung
|
5
|
English
Debate Contest
|
The
2nd Winner
|
(10
April 2010)
|
West
Java and Banten Regions
|
6
|
Trisakti
Open Judo Championship
|
Juara
III (Kelas 45 Kg Putri)
|
(6-7
Agustus 2010)
|
Nasional
|
7
|
Lomba
Pidato Peringatan Maulid Nabi
|
Juara
I
|
2010
|
Lokal
|
8
|
3rd
Ganesa Cup Open Judo Championship
|
Juara
III(Kelas 52 Kg)
|
2010
|
International
|
9
|
English
Debate
|
Juara
I
|
2011
|
West
Java, DKI and Banten Regions
|
10
|
Role
Playing
|
Juara
II
|
2011
|
West
Java, DKI and Banten Regions
|
11
|
Role
Playing Antar Pribadi (Politeknik LP3I Bandung)
|
Juara
I
|
2011
|
Lokal
|
12
|
Lomba
Kabaret Umum STMIK LIKMI Bandung
|
Juara
II
|
2011
|
Wilayah
Bandung
|
13
|
English
Speech Competition UNPAD
|
Juara
I
|
(Mei
2012)
|
Wilayah
Bandung
|
14
|
Lomba
MAHACU (Mahasiswa Lucu) Stand Up Comedy SE Radio 88.1 FM
|
Juara
III
|
Juni
2012
|
Wilayah
Bandung
|
15
|
LP3I
English Debate
|
Juara
III
|
2012
|
LP3I
se-Indonesia
|
16
|
LP3I
English Debate
|
Juara
III
|
2015
|
LP3I
se-Indonesia
|
17
|
Finalis
Duta Budaya Jawa Barat
|
50
Besar
|
2016
|
Jawa
Barat
|
Prestasi Dosen Hubungan
Masyarakat
No.
|
Nama
Dosen
|
Nama
Prestasi
|
1
|
Adi
Muhammad Ramdan
|
·
Kabaret Juara 2 Se-Bandung sebagai Pelatih,
Pengajar dan Sutradara
·
Juara Harapan Lomba Jingle Produk Purbasari
|
2
|
Dudi
Rustandi, S. SOS.I., M.KOM
|
·
Menulis di Koran, Kompas, Tribun JABAR, Pikiran
Rakyat dan Jurnal
|
3
|
Elia
Daryati Rahayu, DRA., PSI.,
|
·
Young Progresif HUMAN di salah satu Perusahaan
pada tahun 1994
·
Dosen terbaik di STIA Lans pada Tahun 2003-2014
·
Mengisi RUBRIK Konsultasi Sikologi dan PAEDA GOGI
pada Tahun 2005 sampai sekarang
|
4
|
Genik
Puji Yuhanda
|
·
Dosen Terfavorit Prodi HUMAS pada Tahun 2013
·
Membuat Press Rerease di Muat di Koran Gala Media
dengan Judul “Masa Orientasi Mahasiswa 2013”
·
Menulis Artikel di Tribun JABAR di Muat dan
Berjudul “ Sambut Presiden RI ke 7 dengan Cara Bermartabat” pada Tahun 2014
|
5
|
Leili
Kurniawati
|
·
Dosen Favorit se-Politeknik LP3I Bandung versi BEM
(Badan Eksekitif Mahasiswa) LP3I Award pada Tahun 2012
·
Mendapat sertifikasi sebagai dosen Profesional di
Bidang Ilmu Komunikasi dari DIKTI pada tahun 2012
·
Mendapat Beasiswa BPPD dari DIKTI untuk Program
Doktoral (S3) pada Tahun 2014
|
Link and Match
Pola / lama 2+1=3
tahun, yang diterapkan di Politeknik LP3I Bandung, peserta didik dituntut untuk
dapat menimba ilmu dan pengetahuan dan keterampilan pada tahunpertama dan kedua
(semester I sampai dengan IV). Pada tahun ke- 3, semester V peserta didik telah
diarahkan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. Sehingga
peserta didik memiliki ilmu dan pengetahuan dan keterampilan, moral dan
kepribadian yang tangguh serta telah bekerja pada saat lulus program diploma
tiga (D3) dengan menyandang gelar Ahli Madya (A.Md) serta penyusunan Kurikulim
Link and Match yang berorientasi pada kebutuhan dunia usahadan industri tanpa
meninggalkan kaidah akademis.
Prospek Lulusan Prodi
Komunikasi
a)
Hubungan Masyarakat - Public Relation
b)
Public Relations Officer
c)
Pengelola Event Organizer
d)
Praktisi Corporate Communication
e)
Marketing Public Relations Office
f)
Perencana Iklan
g)
Penyiar
h)
Presenter
i)
Account Executive
j)
Reporter
k)
Programmer acara TV dan Radio
l)
HRD (Human Resources Departement)
m)
Pengelola media ( Produser TV dan Radio,
pengelola stasiun TV dan Radio, dan Pengelola media massa cetak)
n)
Marketing Executive
Rabu malam (19/10) saya
telah wawancara dengan Mahasiswa Non-Reguler Program Studi Hubungan Masyarakat
Politeknik LP3I Bandung Angkatan 2013. Narasumber tersebut adalah seorang
perempuan bernama Tri Santi Mariyam biasa
di panggil Olive, beliau bekerja di
salah satu Perusahaan Tersero Dago Endah yaitu Heritage dago golf course bagian Caddy yang berhubungan dengan
konsumen.
Perusahaan adalah
tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.
Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak.
Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha
untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang
terdaftar di pemerintah secara resmi.
Jenis perusahaan
berdasarkan lapangan usaha:
1.
Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan
yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
2.
Perusahaan agraris adalah perusahaan
yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
3.
Perusahaan industri adalah perusahaan
yang menghasilkan barang mentah dan setengah jadi menjadi barang jadi atau
meningkatkan nilai gunanya
4.
Perusahaan perdagangan adalah perusahaan
yang bergerak dalam hal perdagangan
5.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang
bergerak dalam bidang jasa
Jenis perusahaan
berdasarkan kepemilikan:
1.
Perusahaan negara adalah perusahaan yang
didirikan dan dimodali oleh negara
2.
Perusahaan koperasi adalah perusahaan
yang didirikan dan dimodali oleh anggotanya
3.
Perusahaan swasta adalah perusahaan yang
didirikan dan dimodali oleh sekelompok orang dari luar perusahaan
Bentuk perusahaan di
Indonesia
1.
CV - Commanditaire Vennootschap– limited
partnership
2.
FA - Firma
3.
Koperasi - Co-operative
4.
Maatschap - Limited liability company
5.
PK - Persekutuan Komanditer - limited
partnership
6.
PMA – Penenaman Modal Asing – foreign
joint venture company
7.
PMDN – Penanaman Modal Dalam Negeri –
domestic capital investment company
8.
Persekutuan Pedata - professional
partnership
9.
Perusahaan Umum (Perum) - state-owned
company
10.
Perusahaan Jawatan (Perjan) -
state-owned company
11.
PT – Perseroan Terbatas – limited
liability company
12.
P.T. Tbk. - Perseroan Terbatas, Terbuka
– Stock limited company
13.
UD - Usaha Dagang - Sole proprietorship
14.
Yayasan - Foundation
Badan Usaha dan Badan
Hukum
Membentuk badan usaha
merupakan dasar penting apabila kita akan membangun suatu bisnis sendiri.
Keberadaan badan usaha yang berbadan hukum dalam suatu perusahaan baik
perusahaan kecil, menengah atau besar akan melindungi perusahaan dari segala
tuntutan akibat aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Meskipun begitu, dalam
menjalankan suatu usaha tidak diwajibkan bagi seorang Pengusaha untuk
mendirikan sebuah badan hukum. Hal tersebut merupakan suatu pilihan bagi
Pengusaha untuk menentukan bentuk dari penyelenggaraan usaha yang cocok untuk
kegiatan usaha yang dijalankannya. Namun, untuk beberapa jenis usaha tertentu
yang memang diwajibkan menurut peraturan perundang-undangan harus berbentuk
badan usaha yang merupakan badan hukum seperti Bank, Rumah Sakit, penyelenggara
satuan pendidikan formal.
Badan usaha merupakan
kesatuan yuridis dan ekonomis atau kesatuan organisasi yang terdiri dari
faktor-faktor produksi yang bertujuan mencari keuntungan. Badan usaha adalah
rumah tangga ekonomi yang bertujuan mencari laba dengan faktor-faktor produksi.
Sebuah usaha /bisnis
sendiri dapat dikatakan berbadan hukum apabila memiliki “Akta Pendirian” yang
disahkan oleh notaris disertai dengan tandatangan di atas meterai dan segel.
Perusahaan di Indonesia
berdasarkan bentuk hukumnya[sunting | sunting sumber]
Perusahaan dapat
diklasifikasian dari beberapa bentuk. Salah satunya klasifikasi perusahaan
berdasarkan bentuk hukumnya yaitu
Perusahaan Badan Hukum
Merupakan perusahaan
yang dapat dimiliki oleh swasta maupun negara, dapat berupa perusahaan
persekutuan. Jenis perusahaan inin didirikan dan dimiliki oleh beberapa orang
pengusaha baik swasta maupun negara yang memenuhi syarat-syarat sebagai badan
hukum. Jenis perusahaan ini dpat memnjalankan usaha di semua bidang
perekonomian ( Perindustrian, perdagangan, Perjasaan, dan pembiayaan).
Contohnya : Perseroan Terbatas (PT), Koperas, Perusahaan Umum, Perusahaan
Perseroan (Persero).
Perusahaan Bukan badan
Hukum
Merupakan perusahaan
yang dimiliki oleh perusahaan swasta, dapat berupa perusahaan perseorangan
maupun perusahaan persekutuan. Contohnya : Perusahaan Perseorangan, Perskutuan
Perdata, Firma, CV.
Perusahaan Bukan badan
Hukum merupakan perusahaan swasta yang didirikan dan dimiliki oleh beberapa
orang pengusaha secara kerja sama, jenis perusahaan ini dapat menjalankan usaha
di bidang perekonomian (perindustrian, perdagangan, dan perjasaan).
Salah satu contoh
Perusahan Bukan Badan Hukum adalah Perusahaan Perseorangan.
Perusahaan perseorangan
adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan
perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.
Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung
seluruh kerugian itu.
Bentuk perusahaan
perseorangan secara resmi tidak ada, tetapi dalam masyarakat perdagangan bentuk
perusahaan perseorangan diterima masyarakat. Dalam praktik, sebagian perusahaan
persorangan pendiriannya menggunakan akta otentik.
Beberapa karakteristik
dari Perusahaan Perseorangan adalah
a) Aset
perusahaan hanya dimiliki satu orang.
b) Bertanggungjawab
sendiri atas seluruh hutang perusahaan
c) Pekerja
yang ada merupakan wakil atau pembantu pengusaha dalam perusahaan berdasarkan
pemberian kuasa atau perjanjian kerja
d) Contoh
perusahaan perseorangan adalah Perusahaan Dagang (PD) atau Usaha Dagang (UD).
Perusahaan perseorangan
termasuk perusahaan yang wajib didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Perusahaan,
kecuali (pasal6 UU WDP):
a)
Diurus, dijalankan, atau dikelola
pribadi pemiliknya dengan hanya mempekerjakan anggota keluarga.
b)
Tidak wajib memiliki izin usaha atau
surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan instansi yang
berwenang.
c)
Benar-benar hanya sekadar untuk memenuhi
kebutuhan nafkah sehari-hari pemiliknya.
d)
Bukan merupakan badan hukum atau
persekutuan.
Contoh perusahaan
perorangan adalah usaha kecil atau UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti bengkel,
binatu (laundry), salon kecantikan, rumah makan, persewaan komputer dan
internet, toko kelontong, tukang bakso keliling, dan pedagang asongan.
Olive yang telah
bekerja selama dua bulan di PT. Dago Endah banyak sekali pengalaman baru
dalam pekerjaannya bertemu dengan
orang-orang yang berbeda setiap harinya, selain itu juga Olive dengan bekerja
di PT. Dago Endah bias mengetahui karakter setiap orang yang dia hadapi.
Pengalaman ialah hasil
persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an.
Pengalaman memungkinkan seseorang menjadi tahu dan hasil tahu ini kemudian
disebut pengetahuan.
Dalam dunia kerja
istilah pengalaman juga digunakan untuk merujuk pada pengetahuan dan
ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan
dengannya selama periode tertentu. Secara umum, pengalaman menunjuk kepada
mengetahui bagaimana atau pengetahuan prosedural, daripada pengetahuan
proposisional.
Pengetahuan yang
berdasarkan pengalaman juga diketahui sebagai pengetahuan empirikal atau
pengetahuan posteriori. Seorang dengan cukup banyak pengalaman di bidang
tertentu dipanggil ahli.
Tri Santi Mariyam
mengakui bahwa selama kuliah di Kampus Politeknik LP3I Bandung Program Studi
Masyarakat ada keterkaitan dengan pekerjaannya sebagai Caddy di PT. Dago Endah.
Dago Golf Course adalah
salah satu lapangan golf tertua di Indonesia, dibangun pada tahun 1917.
Menawarkan 18 hole golf publik dalam lanscape yang unik dari lokasi lembah di
Bandung utara.
Selain menjadikan
lapangan ini menantang dan mengandung nilai aetropik yang tinggi, faktor
kenyamanan dan kesenangan bermain tidak luput dari perhatian PT.DAGO ENDAH.
Kelestarian alam adalah salah satu hal yang dipertahankan. Keadaan alam yang
indah dan asri serta peranan dari kawasan ini sebagai resapan air tanah bagi
kota Bandung.
Golfer dapat
mengayunkan stik golf mereka di 956-1.065 meter di atas permukaan laut, dengan
tiupan angin dan suasana pegunungan yang dingin diantara hutan pinus. Sebuah
tantangan besar yang ditawarkan oleh alam dan menambah kegembiraan bermain
untuk golfer.
Mengenai bagaimana
berbicara dengan konsumen, Public
Speaking dalam Mata Kuliah nya pun
bisa digunakan langsung dalam pekerjaannya.
Hubungan adalah
kesinambungan interaksi antara dua orang atau lebih yang memudahkan proses pengenalan
satu akan yang lain. Hubungan terjadi dalam setiap proses kehidupan manusia.
Hubungan dapat dibedakan menjadi hubungan dengan teman sebaya, orangtua,
keluarga, dan lingkungan sosial. Secara garis besar, hubungan terbagi menjadi
hubungan positif dan negatif. Hubungan positif terjadi apabila kedua pihak yang
berinteraksi merasa saling diuntungkan satu sama lain dan ditandai dengan
adanya timbal balik yang serasi. Sedangkan, hubungan yang negatif terjadi
apabila suatu pihak merasa sangat diuntungkan dan pihak yang lain merasa
dirugikan. Dalam hal ini, tidak ada keselarasan timbal balik antara pihak yang
berinteraksi. Lebih lanjut, hubungan dapat menentukan tingkat kedekatan dan
kenyamanan antara pihak yang berinteraksi. Semakin dekat pihak-pihak tersebut,
hubungan tersebut akan dibawa kepada tingkatan yang lebih tinggi.
Komunikasi adalah
"suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok,
organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar
terhubung dengan lingkungan dan orang lain".Pada umumnya, komunikasi
dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah
pihak.[butuh rujukan] Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti
oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik
badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala,
mengangkat bahu.[butuh rujukan] Cara seperti ini disebut komunikasi dengan
bahasa nonverbal.
Berbicara di depan umum
merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh
pembicara untuk mampu menarik perhatian audiens.[1] Untuk menarik perhatian
audiens, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh pembicara selain
persiapan materi yang matang, yaitu:
1.
Mempersiapkan mental dengan baik, yakni
dengan memahami kondisi ruangan dan psikologis audiensnya.
2.
Berlatih dengan baik dan teratur di
depan cermin, dengan maksud agar pembicara mampu melihat mimik dan ekspresi
mukanya.
3.
Menyesuaikan penampilan fisik sebelum
tampil di atas panggung.
4.
Berupaya untuk menjadi diri sendiri.
5.
Menyelipkan humor-humor atau cerita lucu
di antara pembicaraan yang disampaikan, sehingga pendengar tidak merasa bosan.
6.
Persiapan yang baik akan membantu
pembicara mengantisipasi gangguan yang akan muncul ketika seseorang berbicara
di depan umum. Gangguan tersebut diantaranya adalah kurang antusiasnya audiens
untuk memperhatikan pembicaraan yang disampaikan, tidak mendukungnya suasana
ruangan, dan karateristik audiens yang di luar perkiraan.
Selain itu ada tips
dari Olive untuk cepat kerja adalah “Harus Banyak Relasi” tidak hanya di dalam
kampus tetapi di luar kampus pun harus ada. Tak hanya banyak relasi tetapi
harus memperat hubungan dengan orang tersebut.
Ketrampilan atau
keahlian berhubungan dengan orang lain merupakan hal yang amat penting bagi
kesuksesan seseorang. John Maxwell menulis, "Semua keberhasilan hidup
berasal dari memulai hubungan dengan orang yang tepat dan kemudian memperkuat
hubungan-hubungan itu dengan menggunakan keterampilan yang baik dalam
berhubungan.”
Berikut ini adalah beberapa tips dalam
membangun hubungan yang baik dengan orang lain.
7 TIPS MEMBANGUN
HUBUNGAN YANG BAIK
1.
Tersenyumlah
Senyum adalah bahasa keramahan universal. Artinya
dimanapun kita berada ketika kita tersenyum pada seseorang hal itu pasti
diartikan sebagai sikap ramah tamah! Bahkan ada yang mengatakan,” “Senyum
adalah lengkungan kecil yang menyelesaikan banyak masalah besar.” Dalam
kaitannya dengan menjalin hubungan dengan orang lain banyak sekali manfaat
senyuman, seperti : membuat mood tetap positif, membuat kesan bersahabat kepada
orang lain dsb.
2.
Berusahalah “hadir”
Kita bisa ada disatu
tempat, tapi sebenarnya kita tidak hadir disana. Mis: badan kita bisa ada di
ruang kuliah, namun hati kita ada dilapangan bola. Nah, untuk menghadapi orang
sulit kita harus bersedia “hadir” baik secara fisik maupun mental Dengan
“Hadir”,kita memberi kesan kepada mereka bahwa kita:
a)
Menghargai mereka Tidak ada yang lebih
baik dalam berhubungan dibanding kehadiran diri kita secara utuh. Dengan kita
hadir secara utuh )fisik dan hati) maka orag yang sedang kita ajak bicara akan
merasa dihargai.
b)
Siap mendengarkan mereka Semua orang
suka didengarkan. Menurut para ahli ada 5 (lima) tahapan kebutuhan emosi
manusia (personal needs) yang harus kita perhatikan saat kita berkomunikasi
yaitu:
(1)
Kebutuhan untuk dihormati dan dihargai
(2)Kebutuhan
untuk didengarkan dan dimengerti
(3)Kebutuhan
untuk dilibatkan
(4)Kebutuhan
untuk dipercayai
(5)Kebutuhan
untuk didukung.
3.
Lakukan kontak mata
Dalam berkomunikasi
kontak mata itu amat sangat pengting.Kita perlu menatap lawan bicara kita, tapi
jangan sampai terkesan memelototinya. Bayangkan kalau seseorang berbicara
dengan anda tanpa menatap mata anda, pasti anda akan merasa kurang dihargai.
Para peneliti menyelidiki dan melihat seberapa banyak kontak mata yang umumnya
terjadi dalam interaksi satu lawan satu. Dan hasilnya kebanyakan orang
melakukan kontak mata sebanyak 45 - 60 % dari jumlah waktu yang mereka gunakan.
Apa akibat dari kurangya kontak mata dalam berkomunikasi ?
(a)
orang yang kurang melakukan kontak mata dipandang negatif dalam beberapa hal.
(b)
Mereka di anggap licik,
(c)
Mereka tidak menarik dalam bersosialisasi
(d)
mereka dianggap kurang meyakinkan di bandingkan orang yang melakukan kontak
mata lebih banyak.
4.
Hafalkan dan sebut nama lawan bicara
anda
Orang akan sangat merasa dihargai ketika
namanya dihafal dan sering diucapkan dalam sebuah percakapan! Dale Carnegie
(Bapak Motivasi Amerika) berkata : “ Hal paling merdu didengar oleh seseorang
adalah ketika ia dipangil namanya.” Seorang motivator Indonesia bahkan pernah
berkata :” Mengucapkan nama dengan benar membangun hubungan dan membuka banyak
pintu.” Jadi, selalu usahakan untuk hafal nama lawan bicara anda!
5.
Sedikit bicara, banyaklah mendengarkan
Orang sering salah kaprah bahwa esensi dari komunikasi itu adalah berbicara.
Padahal yang benar adalah mendengarkan. Setiap
orang suka didengarkan. Itu sebabnya Tuhan menciptakan satu mulut dan dua
telinga agar kita lebih banyak mendengarkan daripada berbicara! Orang akan
merasa sedih dan tidak bahagia ketika "tidak didengarkan" atau
dikucilkan. Ada perbedaan antara sekedar mendengar dan mendengarkan.
(a)
Mendengar (inggris - Hear ) Mendengar tanpa menyimak, hanya sambil lalu saja.
Contoh : kita mendengar kicauan burung ketika sedang membaca koran diteras
rumah.
(b)
Mendengarkan (inggris - Listen) Ini berarti mendengarkan dengan
sungguh-sungguh, menyimak dengan serius. Contoh : Murid mendengarkan pengajaran
guru di kelas!
6.
Berusaha memahami
Stephen Covey (ahli manejemen dunia)
mengatakan, salah satu kebiasaan orang yang sukses adalah berusaha memahami
orang lain dulu, baru minta dipahami! Lalu bagaimana cara memahami orang lain ?
(a)
Berfokuslah kepadanya Ketika berbicara dengan seseorang, perhatian anda wajib
diarahkan kepada lawan bicara anda. Kalau anda suka lirak-lirik kekanan atau
kekiri, lawan bicara anda akan tahu bahwa anda tidak memperhatikan dirinya.
(b)
Berempatilah Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan
orang lain. Misalnya, ketika teman kita sedang senang maka kita paham dan bisa
merasakan kegembiraannya dan kita pun ikut tersenyum. Begitu pula ketika teman
kita mengalami kesulitan atau sedang sedih karena kehilangan orang yang
dicintainya maka kita bisa juga merasakan bagaimana perasaan kehilangan
tersebut. Dengan berempati berrati anda sudah memahami orang tersebut!
7.
Angkatlah orang lain
John C. Maxwell pernah
mengajarkan sebuah prinsip yang disebutnya : ”Prinsip Lift.” Prinsip ini
mengatakan bahwa hubungan yang kita bangun bisa menaikkan atau malahan
menjatuhkan orang lain. Seperti lift yang bisa naik dan turun. Nah, kita
seharusnya sealu mengupayakan agar hubungan kita dengan orang lain selalu bisa mengangkat
orang tersebut! Bagaimana caranya ?
(a)
Berikan Pujian Pujian berdampak sangat positif pada jiwa manusia.Orang yang
seringdipuji akan menunjukan prestasi yang lebih baik disbanding dengan yang
jarang dipuji.
(b)
Berikan dorongan Semua orang membutuhkan dorongan agar bisa berprestasi. Pernah
diadakan penelitian tentang ketahanan manusia berdiri di atas balok es.
Peserta pertama di
tempat tertutup tanpa penonton yang menyoraki. Peserta ke dua di tempat terbuka
dan disoraki banyak orang. Hasilnya: yang disoraki dan di dukung banyak orang
mampubertahan 2 kali lebih lama daripada yang tidak!
Pekerjaan secara umum
didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam
arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang
menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentukuang bagi seseorang.
Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap sama dengan profesi.
Pekerjaan yang dijalani
seseorang dalam kurun waktu yang lama disebut sebagai karier.Seseorang mungkin
bekerja pada beberapa perusahaan selama kariernya tapi tetap dengan pekerjaan
yang sama.
Lowongan Kerja yang
paling banyak diinginkan orang Indonesia rata-rata adalah PNS, dan pegawai
BUMN. Anggapan mereka mungkin karena jadi pegawai negeri atau pegawai BUMN
gajinya stabil dan terjamin.
Lowongan Kerja adalah
sebuah kata yang sangat umum didengar dalam percapakan orang dewasa. Dua kata
tersebut seakan telah menjadi bahan pembicaraan yang wajib diutarakan dalam
setiap kesempatan. Tak hanya orang dewasa, para remaja pun sering membicarakan
mengenai Lowongan Pekerjaan dalam percakapannya bersama teman-temannya. Namun
tahukah anda definisi mengenai Lowongan Kerja?
Kata "Lowongan
Kerja" tidaklah terlalu rumit untuk dipahami. Dua suku kata tersebut
memiliki arti yang sangat sederhana yaitu: "Kesempatan Kerja". Namun
dalam praktik dan teori, dua kata tersebut juga memiliki arti "kesempatan
kerja yang disediakan untuk individu atau kelompok yang memenuhi syarat
tertentu". Jadi pada dasarnya Lowongan Kerja adalah Sebuah kesempatan
kerja pada posisi tertentu di instansi atau tempat usaha yang tersedia untuk
individu maupun kelompok yang telah memenuhi persyaratan yang
dibutuhkan.Kesempatan bekerja pada posisi atau Jabatan tertentu dalam hal ini
memiliki arti yang cukup sederhana. Setiap lowongan kerja akan mencantumkan
jenis pekerjaan beserta posisi/jabatan yang bisa dipilih oleh para pencari
kerja. Dalam konteks ini, pencari kerja bisa memilih posisi atau jabatan
tertentu yang sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimilikinya.
Adapun Individu atau
kelompok bisa berarti perorangan ataupun beberapa orang yang tergabung dalam
suatu wadah atau organisasi. Bersifat perorangan jika Lowongan tersebut hanya
untuk individu yang memiliki keahlian tertentu. Adapun bisa bersifat kelompok
jika mencantumkan persyaratan bahwa lowongan kerja tersebut hanya diperuntukkan
pada individu yang tergabung dalam kelompok/wadah/lembaga tertentu. Dalam
praktik kesehariannya, Lowongan Kerja per-individu dijabarkan sebagai
kesempatan kerja untuk perorangan.Instansi ataupun tempat usaha dalam hal ini
berarti jenis usaha mandiri, badan usaha ataupun lembaga baik itu bersifat
formal maupun non formal yang memberikan kesempatan kerja pada orang lain yang
memiliki keahlian sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.Adapun Jenis Usaha
Mandiri bisa diartikan sebagai pertokoan, Usaha kecil dan menengah serta sektor
lainnya. Badan Usaha berarti sektor usaha dan industri yang memiliki perizinan
di pemerintahan. Pabrik dan Perusahaan merupakan contoh sederhana dari badan
Usaha. Adapun lembaga atau instansi bisa berarti Sekolah, Universitas,
perbankan dan lain sebagainya. Dari penjelasan singkat diatas, bisa disimpulkan
jika kata Lowongan Kerja pada dasarnya hanyalah kata lain dari 'Kesempatan
Kerja'. Adapun definisi yang lebih panjang diatas merupakan penjabaran
berdasarkan pengertian umum yang bertujuan memudahkan masyarakat umum dan
akademisi untuk lebih memahami kata tersebut berdasarkan pendekatan ilmu
pengetahuan dan teori.Setelah kita memahami arti dan pengertian serta
kesimpulan dari dua suku kata Lowongan Kerja, ada baiknya kita juga mengetahui
alasan mengapa para remaja dan orang dewasa sering membahasnya. Berikut ini
adalah sedikit ulasan dari sudut pandang penulis mengenai fenomena tersebut.
Para remaja dan orang dewasa menyadari betul pentingnya bekerja untuk menjaga
kelangsungan hidup serta menjamin kesejahteraan diri dan keluarganya. Pekerjaan
merupakan sebuah cara yang bisa mewujudkan hal tersebut. Dengan berbekal semangat
dan keahlian yang telah dipelajari, mereka berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan
yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Untuk meraih pekerjaan
tersebut, maka mereka pun dengan sigap mencari Lowongan Pekerjaan pada setiap
tempat. Selain sebagai ajang silaturahmi, salah satu sifat dari pembicaraan
adalah pertukaran informasi. Adapun Lowongan Pekerjaan menjadi hal yang cukup
sering dibicarakan karena sebuah pekerjaan bisa diraih setelah menemukan
informasi mengenai adanya lowongan Kerja di tempat atau instansi tertentu.
Tanpa adanya informasi mengenai Lowongan Kerja, sepertinya akan sulit bagi para
Pencari Kerja untuk menemukan tempat yang tepat bagi dirinya. Itulah mengapa
Lowongan Kerja menjadi komoditas penting untuk dibicarakan dalam berbagai
kesempatan.***