Jumat, 11 November 2016

Manfaat dan Tujuan dari Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)

Hai sobat Bang Dian. Indonesia merupakan negara yang dijajah oleh banyak Negara Eropa dan juga Asia, karena sejak zaman dahulu Indonesia merupakan Negara yang kaya akan hasil alamnya yang berlimpah, hingga membuat Negara-negara Eropa tergiur untuk menjajah dan bermaksud menguasai sumber daya  alam untuk pemasukan bagi negaranya.











Disini mimin membuat artikel tema tentang Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dengan tujuan
untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya, penggunaan instrument non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang bertransaksi nontunai dengan menggunakan instrumen nontunai (Less Cash Society/LCS) dalam kegiatan ekonominya.

Manfaat yang dapat dirasakan dengan bertransaksi nontunai ;

  1. Kepraktisan bertransaksi dan keamanan dalam membawa instrumen non tunai dibandingkan dengan uang tunai.
  2. Efisiensi biaya antara biaya produksi instrument nontunai dengan biaya pencetakan, peredaran serta pengelolaan uang tunai tunai.
  3. Pencatatan transaksi secara otomatis sehingga memudahkan dalam menghitung aktivitas ekonomi. Hal tersebut tentu dapat mencegah underground economy yang umumnya dilakukan dalam bentuk tunai.
  4. Penggunaan alat pembayaran non tunai juga akan meningkatkan sirkulasi uang dalam perekonomian (velocity of money). 


Tujuan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)

Memberikan pengalaman menggunakan APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu) dan uang elektronik bagi masyarakat yang baru mulai menggunakan instrumen pembayaran non tunai tersebut, sehingga dapat menimbulkan kebiasaan dalam bertransaksi secara rutin.

Mendorong peningkatkan frekuensi penggunaan APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu) dan uang elektronik dalam kegiatan transaksi masyarakat.

Mempelajari perilaku dari masyarakat yang telah memiliki rekening di bank dan telah memiliki APMK maupun uang elektronik namun penggunaan untuk bertransaksi cenderung masih minim. Dengan program ini diharapkan dapat memperoleh informasi yang tepat mengenai apakah akan terjadi perubahan perilaku masyarakat untuk menggunakan instrumen tersebut apabila masyarakat difasilitasi dengan berbagai kemudahan seperti keberadaan merchant yang lebih banyak serta infrastruktur yang lebih merata dan berbagai program yang menarik.

Memberikan edukasi tentang uang elektronik baik melalui sosialisasi, pusat informasi, lomba, seminar, talkshow non tunai dan bazar.

Terimakasih semoga bermanfaat.