Jumat, 09 Desember 2016

Sekilas Cyber Public Relation dan Sosial Media


Hai sobat Bang Dian. Kali ini mau berbagi cerita tentang Cyber Public Relations yang telah di bimbing oleh abahraka.commulai dari awal hingga akhir pembelajaran. Sebelumnya abang mau bertanya, apa sih Cyber Public Relations ?  Fungsi Cyber Public Relations itu apa ? dan Manfaat Cyber Public Relations.

Cyber Public Relations atau Siber Public Relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan oleh sarana media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada public atau khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif.(Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, 2006)

Sekilas pengertian Cyber Public Relations seperti, dan lalu membahas apa fungsi sebenarnya. tak jauh dari sarana media elektronik internet, siapa sih yang tidak tahu internet zaman kini? 

Internet singkatan dari Interconnection Networking seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.(wikipedia.org)

Fungsi dari Cyber Public Relations bisa menjadi salah satu kegiatan pekerjaan yang berguna untuk kehumasan.


     1. Berita

Dengan menyalurkan informasi melalui web atau situs-situs blog. kehumasan bisa membuat press release atau berita. Institusi atau pemerintahan bisa mengirimkan isi berita nya melalui e-mail. tidak hanya e-mail, dengan aplikasi lain seperti yahoo messenger, ICQ, dan lainnya. selain itu dapat memudahkan untuk berbicara dengan pers secara personal. Kerja para karawayan akan lebih mudah dan fleksibel, hanya duduk di depan komputer dan menuliskan ide-ide yang ada dalam pikiran. Hasil wawancara dapat dirangkum melalui Microsoft Word dalam bentuk teks. 

2. Publikasi

Kegunaan selain membuat berita, juga dapat sarana publikasi untuk menyampaikan informasi atau kegiatan yang berada dalam suatu instansi atau perusahaan. maksud untuk publikasi ini juga dapat membuat artikel-artikel ataupun feature. Kegiatan publikasi yang dilakukan PR dalam internet dapat dilakukan dengan jalan mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan/organsisasi.

3. Public Relation Conventioal

Menurut kamus bahasa Indonesia, arti kata konvensional itu sendiri adalah monoton, klasik, umumnya. Dapat diartikan Public Relations  cara kerja konvensional itu cara kerja klasik, seperti layak nya kegiatan Public Relations pada umumnya. Jadi, Public Relations konvensional bukanlah sebuah terobosan baru setelah Elektronik Public Relations, melainkan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan Public Relations secara tatap muka, tidak menggunakan media internet.

Selanjutnya yang akan bahas yaitu manfaat dari Cyber Public Relations. Beberapa manfaat dari pembelajaran mata kuliah Cyber Public Relations mulai dari organisasi hingga perusahaan atau instansi. Banyak sekali aplikasi – aplikasi yang telah dikenalkan di mata kuliah Cyber Public Relations oleh abahraka.com berguna dan bermanfaat.
Oleh karena itu,  Manfaat – Manfaat dari Cyber Public Relations itu apa saja ? 

           1.    Real time


Aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan cepat

           2.    Komunikasi konstan

Cyber Public Relations menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh dunia.

           3.    Interaktif

karena penggunaan Cyber Public Relations memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara langsung dan cepat.

           4.    No boundaries

karena tidak akan ada batasan komunikasi dalam Cyber Public Relations, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan internet.

           5.    Multimedia.

Cyber Public Relations dapat menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audiovisual (film, video) dalam satu kesatuan.

           6.    Ekonomis.

Komunikasi menggunakan internet untuk menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.

Mata Kuliah Cyber Public Relations oleh abahraka.com tidak hanya itu saja melainkan belajar tentang sosial media yang ada di internet dan aplikasi – aplikasi yang digunakan oleh instansi atau perusahaan. maka dari itu bang dian akan sharing tentang Cyber Public Relations dan menjelaskan apa saja sosial media yang digunakan oleh organisasi, instansi dan perusahaan. penasaran apa saja sosial media yang digunakannya ?

           A.   Instagram

Sosial media yang berbasis audiovisual berbentuk gambar ataupun video. Kebanyakan zaman sekarang organisasi, instansi dan perusahaan menggunakan instagram. Memberikan informasi ataupun pengumuman tentang acara dan kegiatan melalui instagram.

           B.   Facebook

Mark Zuckerberg salah satu pencetus  sosial media facebook. Dengan gaya warna biru muda dengan symbol F. facebook juga memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menyampaikan informasi melalui status update bias berupa teks dan video visual. Selain itu facebook memiliki halaman atau Fans Page.

           C.   Twitter

Sosial Media dengan symbol burung ini memiliki banyak sekali pengguna. Bahkan kebanyakan orang maupun organisasi, instansi dan perusahaan. andalan twitter sendiri ketika melakukan status update itu biasa menggunakan hastag dengan symbol (#) pagar. Dengan itulah salah satu agar menaikan trending topic kegiatan maupun acara.

Selain sosia media yang bang dian sebutkan sebenarnya masih banyak, cuman biasa yang di pakai oleh organisasi, instansi dan perusahaan. Semoga bermanfaat.