Hai sobat Bang Dian.
Kali ini mau berbagi cerita tentang Cyber Public Relations yang
telah di bimbing oleh abahraka.com, mulai dari awal hingga
akhir pembelajaran. Sebelumnya abang mau bertanya, apa sih Cyber Public
Relations ? Fungsi Cyber Public Relations itu
apa ? dan Manfaat Cyber Public Relations.
Cyber Public Relations atau Siber Public Relations adalah
kegiatan kehumasan yang dilakukan oleh sarana media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan
memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau
organisasi kepada public atau khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif.(Kamus Komputer dan Teknologi
Informasi, 2006)
Sekilas
pengertian Cyber Public Relations seperti, dan lalu membahas apa fungsi
sebenarnya. tak jauh dari sarana media elektronik internet, siapa sih yang
tidak tahu internet zaman kini?
Internet
singkatan dari Interconnection Networking seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission
Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran
pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.(wikipedia.org)
Fungsi
dari Cyber Public Relations bisa menjadi salah satu kegiatan pekerjaan yang
berguna untuk kehumasan.
Dengan menyalurkan informasi melalui web atau
situs-situs blog. kehumasan bisa membuat press release atau
berita. Institusi atau pemerintahan bisa mengirimkan isi berita nya melalui
e-mail. tidak hanya e-mail, dengan aplikasi lain seperti yahoo
messenger, ICQ, dan lainnya. selain itu dapat memudahkan untuk
berbicara dengan pers secara personal. Kerja para karawayan akan lebih mudah
dan fleksibel, hanya duduk di depan komputer dan menuliskan ide-ide yang ada
dalam pikiran. Hasil wawancara dapat dirangkum melalui Microsoft Word dalam
bentuk teks.
2. Publikasi
Kegunaan selain membuat berita, juga dapat
sarana publikasi untuk menyampaikan informasi atau kegiatan yang berada dalam
suatu instansi atau perusahaan. maksud untuk publikasi ini juga dapat membuat artikel-artikel
ataupun feature. Kegiatan publikasi yang dilakukan PR dalam internet dapat dilakukan
dengan jalan mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market
perusahaan/organsisasi.
3. Public
Relation Conventioal
Menurut
kamus bahasa Indonesia, arti kata konvensional itu sendiri adalah monoton,
klasik, umumnya. Dapat diartikan Public
Relations cara kerja konvensional
itu cara kerja klasik, seperti layak nya kegiatan Public Relations pada umumnya. Jadi, Public Relations konvensional bukanlah sebuah terobosan baru
setelah Elektronik Public Relations,
melainkan sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan Public Relations secara tatap muka, tidak menggunakan media
internet.
Selanjutnya
yang akan bahas yaitu manfaat dari Cyber
Public Relations. Beberapa manfaat dari pembelajaran mata kuliah Cyber Public Relations mulai dari
organisasi hingga perusahaan atau instansi. Banyak sekali aplikasi – aplikasi
yang telah dikenalkan di mata kuliah Cyber Public Relations oleh abahraka.com berguna dan bermanfaat.
Oleh
karena itu, Manfaat – Manfaat dari Cyber Public Relations itu apa saja ?
Aktivitas
komunikasi bisa dilakukan dengan cepat
Cyber Public Relations
menggunakan internet dan internet dapat diibaratkan sebagai sekretaris yang
tidak pernah tidur selama 24 jam dan dengan potensi target publik seluruh
dunia.
karena
penggunaan Cyber Public Relations memungkinkan
terjadinya komunikasi dua arah, karena publik bisa memberikan feedback secara
langsung dan cepat.
4. No boundaries
karena
tidak akan ada batasan komunikasi dalam Cyber
Public Relations, sehingga bisa terhubung ke mana saja selama ada jaringan
internet.
Cyber Public Relations dapat
menyajikan informasi kepada publik dengan menggabungkan berbagai media seperti
tulisan (script), gambar (grafis), dan suara (audio), bahkan audio‐visual (film, video) dalam satu
kesatuan.
6. Ekonomis.
Komunikasi menggunakan internet untuk
menjangkau publik yang luas lebih murah daripada media konvensional.
Mata
Kuliah Cyber Public Relations oleh abahraka.com tidak hanya itu saja
melainkan belajar tentang sosial media yang ada di internet dan aplikasi –
aplikasi yang digunakan oleh instansi atau perusahaan. maka dari itu bang dian
akan sharing tentang Cyber Public Relations dan menjelaskan
apa saja sosial media yang digunakan oleh organisasi, instansi dan perusahaan.
penasaran apa saja sosial media yang digunakannya ?
A.
Instagram
Sosial
media yang berbasis audiovisual berbentuk gambar ataupun video. Kebanyakan
zaman sekarang organisasi, instansi dan perusahaan menggunakan instagram. Memberikan
informasi ataupun pengumuman tentang acara dan kegiatan melalui instagram.
B.
Facebook
Mark
Zuckerberg salah satu pencetus sosial
media facebook. Dengan gaya warna biru muda dengan symbol F. facebook juga
memudahkan organisasi, instansi dan perusahaan untuk menyampaikan informasi
melalui status update bias berupa teks dan video visual. Selain itu facebook
memiliki halaman atau Fans Page.
C.
Twitter
Sosial
Media dengan symbol burung ini memiliki banyak sekali pengguna. Bahkan
kebanyakan orang maupun organisasi, instansi dan perusahaan. andalan twitter
sendiri ketika melakukan status update itu biasa menggunakan hastag dengan symbol (#) pagar. Dengan itulah
salah satu agar menaikan trending topic
kegiatan maupun acara.
Selain sosia media yang bang
dian sebutkan sebenarnya masih banyak, cuman biasa yang di pakai oleh organisasi,
instansi dan perusahaan. Semoga bermanfaat.